Install Windows XP di SATA

Ada pun hal-hal yang perlu di siapkan yakni:
– N-Lite Tools yang bisa di download di sini
– CD/Image Windows XP SP2
– SATA Driver yang di butuhkan sesuai dengan spek kompie atau lapie yang akan menggunakan (jika digunakan untuk semua, maka silahakan download sata driver buat COMPAQ, TOSHIBA, ASUS, ACER, dll dari situs resmi masih2)
– Komputer dengan OS Windows (XP/Vista/Seven)

Cara Kerja:
– Pertama kita copy/ekstrak cd atau image windows xp ke dalam folder baru dalam harddisk.
– Ekstrak juga driver sata yang telah disiapkan ke dalam folder terpisah dari folder windows tadi.
– Beberapa driver menggunakan atau ekstark ke lokasi C:\documents and setting\user\AppData\Local\Temp\ pada windows eXPerience atau C:\Users\Default\AppData\Local\Temp\ pada windows seven dan vista.
– Install dan jalankan N-lite tool yang telah di download

Gambar. 1

– Pada menu locating windows installation, pilih lokasi folder tempat anda mengekstrak windows xp (gambar 2). Dan klik next.

Gambar. 2

– Pada menu presets klik next
– Pada menu task selection pilih integrate Drivers dan create Bootabe ISO, jika ingin menambahkan SP 3 yang telah anda download maka pilih juga integrate Service Pack. Dna klik next (Gambar. 3)

Gambar. 3

– Pada menu drivers klik insert an pilih single driver (untuk satu driver) atau multiple driver folder (untuk folder driver yang lebih dari satu dalam satu folder driver) dan pilih lokasi driver sata yang telah di ekstrak tadi, dan klik file inf yang ada untuk single driver atau hanya pilih folder untuk multiple driver folder dan klik next. (Gambar. 4)

– Tunggu hingga proses selesai dan klik next
– Pada bootable iso klik create image. Maka proses akan berjalan dan menanyakan lokasi penyimpanan iso. Tunggu hingga proses selesai kan tutup n-lite anda. (Gambar. 5 dan 6)

Setelah semua selesai maka bakar file iso tersebut kedalam cd/dvd dengan menggunakan aplikasi seperti ultra iso atau nero untuk mebuat cd booting. Atau bisa dengan menggunakan aplikasi USB Multiboot atau Win To Flash untuk installasi dengan menggunakn media flashdisk sebagai bootingan.

Sekian Tutorial ini.
(sumber: http://x86pc.wordpress.com/2011/03/20/rebuild-windows-xp-with-sata-driver-dengan-n-lite-tool/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Captcha Garb (1.5)