↑ Return to Ilmu Umum

Ilmu Komputer dan Jaringan

Dengan berkembangnya teknologi wireless dalam dunia jaringan, maka banyak digunakan pula wlan / wifi dalam transfer data. Baik itu untuk jaringan biasa maupun internet. Memang wlan / wifi sangatlah simple dibanding dengan memakai kabel yang membutuhkan kontak fisik. Tapi dibalik itu semua, para pengguna wlan / wifi ini banyak yang teledor dalam mensetting Acces Point-nya. Mulai dari setting SSID, WEP, IP-Address, dll. Hal tersebut menyebabkan kita mudah untuk memasukinya.
Bagaimana jika wlan tersebut digunakan untuk internet dan kita “meminjamnya”.
Itu legal atau ilegal……
Bagaimana triknya “meminjam” di platform Windows yang dalam kenyataannya software yang mendukung sangatlah sedikit…
Ada yang tertarik membahasnya…..


Sett POP3 di server
Mengingat job pertama saya nantinya (see previous posting) adalah instalasi server Linux, minggu-minggu belakangan ini saya utak-atik email server yang jalan di Linux. Karena sudah cita-cita (hehehe…), saya langsung obrak-abrik dokumentasi mengenai Postfix. Kebetulan saya banyak mendengar mengenai kelemahan Sendmail dan kerumitan qmail. Maklum, newbie disuruh install qmail yang katanya rumit ya keburu ngeper duluan :-P.

Karena menggunakan SUSE, saya mudah saja melakukan instalasinya (defaultnya malah sudah diinstall). Buka saja YAST, kemudian pilih Software – Software Management.

Karena bertahun-tahun menggunakan M$ Exchange Server dan kemudian pindah ke Doraemon (MDaemon-Vai), saya cukup confuse dengan mekanisme Mail Server Postfix. Masalahnya, MDaemon dan Exchange sudah membundel SMTP (pengiriman email) dan POP3 (Penerimaan Email) dalam 1 software, sedangkan di Postfix kita mesti melakukan setting tambahan.

Saya memilih IMAP yang memang secara default ada di SUSE dan kemudian memasangnya. Jika kita menggunakan Local MailBox, memang tidak ada masalah, namun jika menggunakan access POP3, akan ada notifikasi : Unknown Authorization State Command. Dari baca-baca di om Google, hal ini karena SUSE menonaktifkan opsi plain text password tanpa sesi SSL.

Berikut adalah beberapa tips instalasi Postfix dari sudut pandang saya sebagai orang yang tidak berpengalaman :-).

1. Jika Postfix sudah ada, uninstall saja. Biar bisa dicoba dari awal. Saya menggunakan SUSE, jadi uninstall bisa dilakukan dari YAST.

2. Ubah Hostname & Domain Name komputer. Saya menggunakan host : Mail dan domain : Vavai.com. Melalui Yast, Network Devices | Network Card | Edit | Hostname dan Name Server

3. Install Postfix

4. Selesai Install, lihat pada file /Etc/Postfix/Main.CF dan ganti beberapa konfigurasi utama, antara lain :

– myhostname = mail.vavai.com

– mydomain = vavai.com

– myorigin = $mydomain

Konfigurasi selengkapnya dapat dilihat pada file main.cf ini.

5. Matikan Postfix (bisa saja hanya di Reload, tapi saya lebih prefer dimatikan saja). Berikan perintah (pada konsole / terminal) : postfix stop

6. Jalankan Postfix : postfix start

7. Pastikan konfigurasi postfix di reload : postfix reload

8. Test melalui konsole dengan perintah telnet localhost 25

9. Kalau memberikan respon berarti instalasi sudah OK.

10. Install UW IMAP

11. Edit file /etc/xinetd.d/imap

12. Aktifkan service POP3 dan POP3s (ganti disable = yes menjadi disable = no)

13. Restart /etc/init.d/xinetd restart

14. Buat SSL Certificate. Point ke /usr/share/doc/packages/imap\README.SUSE. Caranya sih bisa ikuti panduan :

cd /etc/ssl/certs
openssl req -new -x509 -nodes -out imapd.pem -keyout imapd.pem
openssl req -new -x509 -nodes -out ipop3d.pem -keyout ipop3d.pem

15. Coba pop3 dengan servis SSL. mestinya sudah OK.

Banyak hal yang kita dapatkan jika kita mau mencoba, hehehe…

========== 24 Agustus 2008 =============

Trik Wifi di Windows

Di Linux, kita akan menemukan banyak tool yang berhubungan dengan ini. Tapidi windows tidaklah demikian. Hal ini disebabkan berbagai hal antara lain tidak adanya driver untuk Wifi yang dikeluarkan vendor yang support injeksi paket. Driver2 yang dikeluarkan vendor rata2 hanya bersifat monitoring saja.
Tapi dengan tulisan ini kucoba berikan “sedikit alternatif ” untuk melakukan wardriving under windows.

Langkah-langkah untuk wardriving di windows adalah sbb :

* Kita cari dulu AP dengan menggunakan Network Stumbler (netstumbler). (atau download disini)

Cari Internet Gratis lewat Wifi (Wardriving)

* Software ini lebih ungul dibanding software wireless client punyaan windows. Software ini akan memberikan informasi tentang Channel, MAC Address, SSID, Speed, Vendor, Type, Encryption, SNR, Signal+, Noise- dari jaringan wireless yang dapat kita tangkap. Tapi untuk enkripsi, netstumbler masih belum bisa membedakan antara WEP, WPA, WPA2 (semua dianggap WEP). Untuk kualitas sinyal selain ditampilkan secara angka, kita juga bisa melihat secara grafik. Dari informasi ini kita dapat mengetahui apakah ada sinyal yang dapat ditangkap tanpa enkripsi….. jika ada silahkan connect, siapa tahu itu akses internet. Jika tidak ada……. Jika sinyal kurang kuat……

..

* AP Default Password
Ini adalah suatu kesalahan yang sering aku jumpai. Para admin biasanya
“malas” untuk merubah username, password, ip default dari AP yang dia gunakan. misalnya di daerahku AP untuk jarak jauh yang paling banyak digunakan adalah merk senao dengan username “admin”, password [kosong] , Default IP: 192.168.1.1. ( Cari Internet Gratis lewat Wifi (Wardriving) samsat didaerahku pakai ini Cari Internet Gratis lewat Wifi (Wardriving) ). Inilah yang menyebabkan kita dapat melakukan “oprek” AP secara web browser. Untuk data Access Point Default Password List silahkan ambil disini. Bagaimana tidak ada yang memakai AP Default
Password …….
* Penguatan sinyal
Ada berbagai cara untuk menguatkan sinyal wifi kita. Tapi menurutku yang
paling simple yaitu menggunakan USB Wifi. Dengan USB Wifi ini kita dapat memperpanjang kabel dengan menggunakan kabel UTP/ LAN kualitas bagus yang dimodifikasi menjadi kabel USB. Selain itu kita tidak membutuhkan sumber daya lagi, karena sudah tersuplly oleh kabel USB ini. ( Cari Internet Gratis lewat Wifi (Wardriving) dalam percobaanku bisa 15 m panjangnya dengan memakai kabel LAN yang bagus kualitasnya Cari Internet Gratis lewat Wifi (Wardriving) ).
Selajutnya kita naikkan USB Wifi kita sebagai antena. Jika masih kurang kuat ada beberapa cara modif dengan teknik parabolic (wajanbolik), atau penggantian antena USB Wifi itu sendiri, terutama yang ada antena eksternalnya.
* Injeksi Paket
Bagian inilah yang kita laksanakan jika tidak ada yang memakai AP Default Password. Ini merupakan hal yang paling sulit, terutama untuk pencarian chipset yang digunakan wifi yang bisa digunakan untuk injeksi paket di pasaran. Dalam hal ini chipset yang paling terkenal yaitu “ATHEROS”. Tapi tidak semua chipset atheros mendukung injeksi paket, soalnya kita harus mengganti driver bawaanya dengan driver yang support injeksi paket, tidak hanya monitoring. Wildpackets dan Tamos adalah perusahaan yang membuat driver untuk wifi adapter kita supaya bisa injeksi paket yaitu airopeek dan CommView. ( Cari Internet Gratis lewat Wifi (Wardriving) aku menganjurkan Airopeek dari Wildpackets Cari Internet Gratis lewat Wifi (Wardriving) ). Contoh chipset atheros yang cocok untuk ini yaitu AR5000 Series (misalnya : D-Link AirPro DWL-A650 Wireless Cardbus Adapter, Intel(R) PRO/Wireless 5000 LAN Cardbus Adapter, Intel(R) PRO/Wireless 5000 LAN 3A Mini PCI Adapter, LinkSys Instant Wireless PC Card (WPC54A), NetGear HA501 Wireless Adapter, Proxim Harmony 802.11a Network Adapter (Model 8450), Proxim Skyline 802.11a, Network Adapter (Model 4030), SMC EZ Connect 802.11a Wireless Cardbus Adapter (2735W), Sony 802.11a Wireless LAN Adapter (PCWA-C500)) ( Cari Internet Gratis lewat Wifi (Wardriving) ….sssst aku dengar2 Asus EEPC pakai….. apa iya? Cari Internet Gratis lewat Wifi (Wardriving) )
* Software Injeksi Paket (Packet Injection)


tips bagus untuk mempercepat koneksi internet
Caranya :

* Klik menu Start > Run
* Pada kotak dialog Run ketikkan regedit, lalu klik OK.
* Run
* Sekarang kita cari alamat registry ini : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current ControlSet\Services\Tcpip\ServiceProvider.
* Setelah kita berada di direktori ServiceProvider ubah nilai-nilai dibawah ini semuanya menjadi 1.

DnsPriority=1
HostsPriority=1
LocalPriority=1
NetbtPriority=1
Tutup registry restart komputer.

=== Tweeking Firefox ====

Peringatan !!! : Saya tidak menyarankan anda untuk melakukan cara ini jika anda belum mahir betul. Tweaking ini sendiri sebenarnya dikeluarkan oleh pengembang firefox jadi tidak sembarang tweaking, namun jika anda berani mencoba resiko ditanggung sendiri yaaa kalau anda salah memasukkan nilainya, karena setelah tweaking tidak ada opsi/menu untuk mengembalikan settingan default firefox, untuk mengembalikan ke default harus dilakukan secara manual atau harus install ulang Mozilla Firefoxnya. Jadi jika anda berani melakukannya tolong dicatat satu persatu semua perubahan tweaking yang anda lakukan.

Ketik : “about:config” tanpa tanda petik di firefox anda kemudian enter.
Akan keluar peringatan seperti ini :
tweak mozilla firefox
Klik Saya berjanji akan berhati-hati, setelah itu akan keluar sebuah settingan untuk tweaking firefox.
about-config-mozilla
Untuk merubahnya, klik 2 kali pada masing-masing nama pengaturan dan masukkan data perubahannya.
Jika data dibawah tidak terdapat dalam settingan default firefox, klik kanan pilih New. Untuk data berupa angka, pilih Integer, untuk true/false pilih Boolean.

Another VI Master (Ind)

VI adalah editor teks yang terdapat pada semua jenis sistem operasi UNIX & variannya. Walaupun cukup powerful tapi banyak yang enggan menggunakannya karena penampilannya yang ‘kurang ramah’ Untuk memulai VI ketikkan “vi” atau “vi nama_file”. * Pada vi terdapat 2 mode yaitu: Insert mode: pada mode ini kita hanya dapat mengetik, Anda tidak dapat menghapus …

View page »

Install Windows XP di SATA

Ada pun hal-hal yang perlu di siapkan yakni: – N-Lite Tools yang bisa di download di sini – CD/Image Windows XP SP2 – SATA Driver yang di butuhkan sesuai dengan spek kompie atau lapie yang akan menggunakan (jika digunakan untuk semua, maka silahakan download sata driver buat COMPAQ, TOSHIBA, ASUS, ACER, dll dari situs resmi …

View page »

Linux Dengan Ubuntu 9.10

Ada apa yah? belajar sama-sama yuk… coba-coba browsing, eh.. nemu yang keren untuk desktop ubuntu, kalo mau tahu mampir ke http://www.glx-dock.org/ww_page.php?p=From%20the%20repository&lang=en kalo mau upgrade karmic kamu ke lucid coba site berikut: http://www.webupd8.org/2009/11/how-to-upgrade-to-ubuntu-1004-lucid.html nah untuk softwere windows di linux; http://ubuntuguide.org/wiki/Ubuntu:Lucid kalo ada masalah dengan grub disini tempatnya: http://dhuha.net/id/content/computer/tutorial/reinstall-grub-ubuntu Download doc

View page »

Mastering the VI editor

Introduction The VI editor is a screen-based editor used by many Unix users. The VI editor has powerful features to aid programmers, but many beginning users avoid using VI because the different features overwhelm them. This tutorial is written to help beginning users get accustomed to using the VI editor, but also contains sections relevant …

View page »

Mempercepat Access Internet

Mempercepat Koneksi Pada IE Browser ini memang salah satu yg bisa diandalkan dalam hal kecepatan & kestabilan, juga paling di rekomendasikan bagi pengguna OS windows Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan/mempercepat browsing pada Internet Explorer anda dengan cara mengedit registry (Tweak) untuk OS Windows. Tips-tips ini hasil pencarian dari beberapa situs Caranya : Klik Start/run/regedit …

View page »

Programing and Database

Download doc

View page »

Putty Basic

Overview of the most common basic SHELL commands. I typically use PuTTY, a free telnet and SSH Client for Windows and Unix platforms. It is lightweight and easy to use and doesn’t need installing (can run from a flash disk). Navigating directories cd …change directory, method used for moving from one folder to another. cd …

View page »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Captcha Garb (1.5)